...

AKSELERASI AKI, AKB DAN STUNTING DI KECAMATAN SILO DAN SUKOWONO


Diposting pada 18 Mei 2022, oleh DINKES


 

J-GEMAR JELITA

 

Bersinergi dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, Dinas Kesehatan  mengusulkan giat Akselerasi AKI, AKB dan Stunting di 10 (sepuluh) kecamatan terbanyak kasus kematian ibu dan bayi. 

Dengan menghadirkan muspika dan lintas sektor terkait di tingkat kecamatan. Sedangkan dari Kabupaten Hadir dari Tim PKK Kabupaten, Dinas Kesehatan, DP3AKB dan DPMD.

Tujuan Penyelanggaranaan kegiatan ini adalah :

1.      Mengali permasalahan yang ada di tingkat kecamatan

2.      Menginventaris sumberdaya yang ada

3.      Menyusun rencana tindak lanjut  dari hasil diskusi 

Pada hari pertama ini turun di Kecamatan Sukowono Ibu Ketua Tim Pengerak PKK beserta Tim 1 dan Ibu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Bersama tim 2 di Kecamatan Silo.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat ikut mendampingi ibu Wakil Ketua TP PKK, Ibu Ervita Firjaoun dan masalah utama untuk kecamatan Silo antara lain

1.         Masih tinggi kasus pernikahan Dini

2.         Belum ada desa ODF

3.         Sulitnya merubah perilaku untuk berprilaku positif terhadap program kesehatan.

4.         Belum optimalnya pemanfaatan rumah tunggu persalinan

5.         Masih adanya dukun bayi yang menolong persalinan

Adapun solusi yang cukup ampuh yang sudah dilakukan tim kecamatan adalah melakukan pendekatan ketokoh agama yang merupahkan pengasuh Pondok Pesatren Al Falah  Silo  adalah “Saya tidak akan hadir kalau diundang untuk hadir di pernikahan yang kurang dari usia 19 tahun”

Statement dari Tokoh Agama ini ternyata sangat berdampak terhadap  jumlah kasus pernikahan dini dan tentunya bertambah juga anak yang melanjutkan sekolah yang lebih tinggi. 

Selain itu untuk mengatasi masalah stunting dilakukan inovasi program Catering Sehat…

Semangat untuk kecamatan silo untuk terus berbenah dan berinovasi. Karena Alhamdulillah desa Harjomulyo Lolos Seleksi sebagai desa pilot projet desa tanggap dan tangguh bencana peduli stunting dan tahun ini juga desa sidomulyo akan mengikuti lomba di tingkat propinsi.

 

Semoga Sukses dan Jember Makin Kereeeeen


Dilihat sebanyak : 482 kaliBagikan ke Whatsapp