...

DINAS KESEHATAN BERPERAN AKTIF DALAM P3K GIAT PORPROV JATIM


Diposting pada 23 Juni 2022, oleh DINKES


 

Kabupaten Jember dengan semangat baru menyambut giat Porseni Propinsi Jawa Timur di Kabupaten Jember . Semua sektor bergerak untuk mendukung  lancarnya pelaksanaan giat tersebut.

Dinas kesehatan juga mempunyai peranan penting, dimana kesehatan selalu hadir disetiap kegiatan dengan Posko Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan  (P3K).  Sedia payung sebelum hujan, kita tidak berharap ada kecelakaan tetapi segala sesuatu mungkin terjadi baik pada atlet maupun Penonton. 

Beberapa kali rapat koordinasi dan pembagian tim telah dilaksanakan di Dinas kesehatan dengan intern Dinas Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit dan Klinik.

Pertolongan pertama pada kecelakaan/P3K (first aid) merupakan upaya yang dilakukan sebelum dibawa ke fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan professional. Pertolongan pertama bukan merupakan tindakan pengobatan akan tetapi merupakan upaya sementara untuk menyelamatkan korban. Pada dasarnya prinsip pelayanan pasien gawat darurat adalah Time saving is life saving. Pengetahuan penanganan kodisi kegawatdaruratan memegang peran penting dalam menentukan keberhasilan pemberian pertolongan. Kesalahan dalam prosedur dan sikap penolong dapat mengakibatkan kecacatan atau kejadian yang tidak diinginkan.

Seperti pada pertandingan pertama sepak bola ada sedikit kericuhan, dan tentunya ada pemain yang jatuh karena lapangan yang lincin akibat hujan maka tim kesehatan harus siap. Tetapi pada pertandingan ini tim kesehatan Jember tidak boleh masuk lapangan tetapi tetap siaga diluar.  Untuk penonton aman terkendali tidak ada kejadian yang membutuhkan pertolongan.  Pada pertandingan sepak bola putra pertama antara Jember dan Malang dengan Skor 1:1. Untuk di Lapangan Noto Hadi Negoro tim kesehatan yang bertugas antara lain dari: RS Perkebunan Jember Klinik, RS Kaliwates, RS Siloam, RS Bina Sehat dan FRS Citra Husada yang diatur dalam jadwal yang bisa dilihat dalam pedoman pelaksanaan Porpov.

Hal hal yang harus dilakukan oleh petugas Kesehatan saat bertugas antara lain:

Amati dan Waspadai Kondisi Lingkungan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan adalah mengamati lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kecelakaan, sehingga bisa tahu langkah apa yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama. Pastikan juga keselamatan diri dan orang di sekitar, agar tidak menambah korban.

2.  Cek Tingkat Kesadaran Korban

Beberapa korban kecelakaan bisa saja mengalami kondisi hilang kesadaran. Jika tidak ada indikasi luka berat, periksalah tingkat kesadaran korban, dengan menepuk pundak atau memberikan wewangian untuk menyadarkan korban.

3.  Periksa Pernapasan dan Kondisi Luka Korban

Langkah selanjutnya adalah periksa jalan napas dan pernapasan korban. Dekatkan jari ke lubang hidung korban untuk memeriksa apakah korban masih bernapas atau tidak. Kemudian, periksa juga apakah ada perdarahan dan bagaimana kondisi luka korban. 

4.  Lakukan Kompresi Dada untuk Memberikan Bantuan Pernapasan

Ketika korban dalam kondisi tidak sadar, salah satu langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kompresi dada. Hal ini bertujuan untuk membantu pernapasan korban. Cara melakukannya dengan meletakkan salah satu tumit tangan di tengah dada korban, sembari meletakkan tumit satunya dengan kondisi jari-jari tangan mengunci. Lalu, tekan dada menggunakan tumit dengan kedalaman 4 hingga 5 centimeter. Jika tidak ada tanda yang lebih baik, segera bawa korban ke instalasi gawat darurat rumah sakit terdekat, agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

5.  Periksa Kondisi Luka

Jika menemukan luka pada korban, segera obati luka tersebut agar tidak mengalami pendarahan berat yang dapat memperparah kondisi korban. Namun, penanganan luka harus dilakukan sesuai dengan jenisnya. Jika terdapat luka terbuka yang mengeluarkan darah terus-menerus, gunakanlah kain bersih untuk menutup luka, agar perdarahan berhenti untuk sementara.

Semoga porprov berjalan lancar dan Jember Juara….

Duduk santai di sore hari

Memandang pohon manga berbuah lebat

Mari  semangat mengikuti porseni

Untuk wujudkan generasi yang hebat


Dilihat sebanyak : 44 kaliBagikan ke Whatsapp