...

GERBANG PEMIRSA (Gerakan Bangga Periksa Dan Merencanakan Persalinan) INOVASI PELAYANAN PUBLIK PUSKESMAS AJUNG


Diposting pada 05 Juli 2022, oleh DINKES


J-GEMAR JELITA

Sebagai implementasi Inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dengan J-Gemar Jelita (gerakan Masayarakat Jember Peduli Kesehatan Ibu dan Balita) maka Puskesmas Ajung  memunculkan inovasi Gerbang Pemirsa yaitu Gerakan Bangga Periksa dan Merencanakan Persalinan.

Inovasi ini mengajak masyarakat untuk memeriksakan secara dini kehamilannya dan sekaligus konseling terkait dengan perencanaan kehamilan berikutnya. Gerakan ini melibatkan keluarga, masyarakat, kader posyandu, PKK dan lintas sektor serta Tenaga kesehatan, Melalui gerakan  ini keterlibatan masing masing pihak lebih di tekankan dalam perecanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K).

Gerakan ini berdampak signifikan terhadap mutu layanan Kesehatan Ibu dan Anak, dengan indikator Pelayanan kesehatan paripurna pada ibu hamil (K4), angka persalinan di fasilitas kesehatan dan penanganan komplikasi kebidanan meningkat. GERBANG PEMIRSA berhasil meningkatkan penjaringan dan pemantauan ibu hamil resiko tinggi sebanyak 497 ibu di tahun 2019, 475 ibu di tahun 2020 dan 512 ibu di tahun 2021. Program tersebut juga berdampak pada penurunan angka kematian Ibu dari 6 kasus di tahun 2020 menjadi 4 kasus di tahun 2021.

Melalui Program GERBANG PEMIRSA,  menjadikan keluarga dan ibu lebih peduli akan pentingnya perencanaan dan pemeriksaaan saat kehamilan, dan juga menjadikan akses pelayanan mudah dijangkau, berkualitas, setara dan merata bagi masyarakat yang tinggal jauh dari fasilitas kesehatan tingkat lanjutan.

Kegiatan ini menggunakan instrument buku KIA dan melibatkan semua unsur terkait baik dari keluarga, masyarakat, pemberi layanan kesehatan dan pengambil kebijakan. Buku KIA pada dasarnya berfungsi sebagai media edukasi dan informasi, pemantauan Standar Operasional Prosedur, sumber data surveialance dan monitoring kesehatan ibu, namun pada kenyataannya masih sering tidak dimanfaatkan secara optimal baik oleh ibu hamil, keluarga, kader dan pemberi layanan kesehatan serta lintas sektor. Sehingga dengan GERBANG PEMIRSA ini Puskesmas Ajung ingin mengoptimalkan penggunaan buku KIA untuk mengoptimalkan Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K). Keterlibatan keluarga terutama suami dalam mendampingi pemeriksaan ibu hamil dan perencanaan persalinan, peran kader dan masyarakat dalam mendapingi ibu hamil terutama dengan resiko tinggi lebih terpantau. Kepatuhan layanan yang berkualitas oleh tenaga kesehatan dilakukan menggunakan buku KIA, checklist monitoring, dan evaluasi lintas Program.

Dengan GERBANG PEMIRSA pelayanan USG dasar oleh dokter umum bisa di akses oleh semua ibu hamil di Puskesmas. Pemeriksaan Laboratorium, konsultasi Gizi, konseling perencanaan KB dapat diakses dengan mudah tanpa biaya. Ibu hamil wajib di dampingi suami atau keluarga saat melakukan pemeriksaan ke puskesmas sehingga dalam perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi sedini mungkin dapat dilakukan. Hal ini menjadikan daya tarik ibu dan suami atau keluarga untuk memeriksakan kehamilannya di Puskesmas.

Inovasi yang dicetuskan oleh Kepala Puskesmas Ajung, dr. Tunsiah ini telah memberikan dampak yang positif terhadap penurunan kasus bersalin yang harus dirujuk ke Rumah Sakit pada tahun 2019 sebanyak 65% menurun menjadi 51% di tahun 2021 dari jumlah ibu hamil resiko tinggi. Monitoring dan evaluasi dilakukan dengan cara Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS KIA), cheklis kepatuhan Standart Operasional Prosedur (SOP), chek list ANC( Ante Natal care) yang mengacu pada buku KIA, Audit internal kasus kematian ibu oleh bidan Koordinator dan Kepala Puskesmas, serta Audit eksternal dan Penilaian Kinerja Puskesmas dan Standart Pelayanan Minimal oleh Dinas Kesehatan.

Ingin tahu lebih banyak tentang GERBANG PEMIRSA  bisa langsung berkunjung ke Puskesmas Ajung.

 

Jalan jalan  melewati gerbang

Gerbangnya tinggi menjulang

Kita cegah aki akb dan stunting

Gerbang pemirsa yang terpenting


Dilihat sebanyak : 156 kaliBagikan ke Whatsapp