...

Kegiatan PSN di Teratai 41 dusun Gumuk Banji desa Kencong - Kec. Kencong


Diposting pada 12 Agustus 2022, oleh KEC. KENCONG


Jumat, 12 Agustus 2022, Muspika Kecamatan Kencong bersama Perangkat Desa Kencong, Tim dari Puskesmas Kencong dan Kader Jumantik Desa di Posyandu Teratai 41 Dusun Gumukbanji Desa Kencong Kecamatan Kencong melakukan pengecekan dan pendataan keberadaan Jentik nyamuk di tempat penampungan air. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat mempersempit perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti terutama jentik nyamuknya. Kegiatan PSN pada saat ini adalah sebuah upaya atau gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M Plus.

3M Plus terdiri dari :

  1. Menguras, merupakan kegiatan membersihkan/menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya. Dinding bak maupun penampungan air juga harus digosok untuk membersihkan dan membuang telur nyamuk yang menempel erat pada dinding tersebut. Saat musim hujan maupun pancaroba, kegiatan ini harus dilakukan setiap hari untuk memutus siklus hidup nyamuk yang dapat bertahan di tempat kering selama 6 bulan.

  2. Menutup, merupakan kegiatan menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi maupun drum. Menutup juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengubur barang bekas di dalam tanah agar tidak membuat lingkungan semakin kotor dan dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk.

  3. Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang), kita juga disarankan untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Yang dimaksudkan Plus-nya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti berikut:

  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
  • Menggunakan obat anti nyamuk
  • Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi
  • Gotong Royong membersihkan lingkungan
  • Periksa tempat-tempat penampungan air
  • Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup
  • Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras
  • Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini wilayah Kencong terhindar dari wabah DBD.


Dilihat sebanyak : 136 kaliBagikan ke Whatsapp