...

KUNJUNGAN DIREKSI PERUMDA PERKEBUNAN KAHYANGAN KE KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN JEMBER


Diposting pada 20 Juli 2022, oleh PDP


Menurut UU No. 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria, Hak Guna Usaha atau HGU merupakan hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai oleh negara, dalam jangka waktu tertentu.

Jenis tanah negara yang dapat diberikan HGU adalah tanah yang termasuk dalam kategori hutan produksi yang selanjutnya statusnya dialihkan menjadi Hak Guna Usaha perkebunan, pertanian atau peternakan.

Berbeda dengan hak milik yang tidak memiliki batas waktu, Hak Guna Usaha diberikan untuk waktu 25 tahun. Walaupun memiliki jangka waktu yang terbatas, HGU dapat dianggap sebagai hak yang kuat sehingga pemegang HGU dapat mempertahankan hak atas tanahnya dari gangguan pihak lain.

Selasa, 19 Juli 2022 Direksi Perumda Perkebunan Kahyangan Jember mengunjungi  Kantor Pertanahan Kabupaten Jember. Maksud dan tujuan kunjungan adalah koordinasi tentang permohonan perpanjangan ijin Hak Guna Usaha ( HGU ) Perumda Perkebunan Kahyangan Jember yang ada di empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Silo, Kecamatan Panti, Kecamatan Tanggul dan Kecamatan Sumberbaru.

Direktur Utama Perumda Perkebunan kahyangan Jember Sofyan Sauri, S.M menyampaikan bahwa cukup banyak  tahapan-tahapan baik administrasi ataupun koordinasi dengan dinas terkait yang menjadi syarat penting untuk bisa mendapatkan ijin Hak Guna Usaha ( HGU ) tersebut.

“ Kami berharap tahapan – tahapan prosedur yang sudah dilakukan,bisa menjadi lancarnya proses perijinan HGU Perumda Perkebunan Kahyangan Jember ” Tutupnya.


Dilihat sebanyak : 141 kaliBagikan ke Whatsapp