...

Layanan Fasilitasi NIB dan PIRT untuk UMKM


Diposting pada 11 Agustus 2022, oleh DISKOPUM


Hari ini, Kamis (11/08/2022) Konsultan Bidang Pemasaran PLUT KUMKM Kabupaten Jember memberikan fasilitasi pembuatan PIRT milik Bapak Kaseno yang berasal dari Desa Mundurejo. Beliau merupakan pelaku usaha yang memiliki beberapa produk di antaranya Suwar-Suwir, Dodol Tape, dan Brem Jember. Dari ketiga produk tersebut, hanya Suwar-Suwir yang telah memiliki PIRT, namun dengan kesadaran akan pentingnya PIRT, maka produk Dodol Tape dan Brem Original, maupun Aneka rasa turut dibuatkan PIRT agar dapat diterima oleh Toko / Pusat Oleh-Oleh. Perlu diketahui, bahwa PIRT hanya berlaku untuk 1 Produk dengan 1 Varian, tidak boleh 1 PIRT digunakan dengan banyak Produk.

 

Namun, bukan hanya Pelaku Usaha tersebut yang difasilitasi PIRT oleh Konsultan Bidang Pemasaran.

Pak Tony selaku Pelaku Usaha Kripik Kentucky dari Desa Kencong pun dengan kesadaran akan pentingnya PIRT berkunjung ke PLUT untuk berkonsultasi tentang PIRT, karena Beliau ingin produknya bisa diterima di pasaran dengan jaminan PIRT, sehingga setelah berkonsultasi dan mulai memahami, Pak Toni mendapat ilmu dan alur bagaimana untuk mendapatkan PIRT. Dikarenakan beberapa berkas tidak di bawa untuk mengurus PIRT, maka tidak bisa dilanjutkan prosesnya, namun Pak Toni pulang bukan dengan tangan kosong, melainkan mendapat Legalitas berupa NIB, dan NIB merupakan langkah awal untuk dapat melanjutkan ke Sertifikasi PIRT nantinya.

 

Selain dua pelaku usaha di atas, ada satu UMKM lagi dengan bisnisnya yakni Showroom Mobil yang juga difasilitasi pembuatan NIB oleh Konsultan Bidang Pemasaran yang akan digunakan untuk akses pembiayaan ke Lembaga Keuangan Perbankan.

Dengan demikian, NIB memang sangat penting dan kaya akan manfaat dalam menunjang pemberdayaan UMKM. Selain bisa mendapatkan akses untuk membuat izin lain, NIB juga sebagai salah satu syarat dalam pengajuan KUR untuk menambah modal usaha.


Dilihat sebanyak : 152 kaliBagikan ke Whatsapp