...

LOKAKARYA MINI EKSTERNAL OLEH UPTD. PUSKESMAS UMBULSARI DAN UPTD. PUSKESMAS PALERAN TAHUN 2022


Diposting pada 19 Mei 2022, oleh DINKES


 

Umbulsari, bertempat di Aula  Kantor Kecamatan Umbulsari pada hari rabu tanggal 18 Mei 2022, UPTD. Puskesmas Umbulsari dan UPTD. Puskesmas Paleran mengadakan lokakarya mini eksternal. Acara ini dihadiri oleh Camat Umbulsari Bapak M. Yusuf, Bapak Arif yoni dan Bapak Turwantoko selaku tim binaan Dinas Kesehatan kabupaten Jember, Kapolsek, Danramil, Kepala UPTD. Puskesmas Umbulsari, Kepala UPTD. Puskesmas Paleran, PLKB, Kepala Desa, ibu ketua tim penggerak PKK Kecamatan, ibu penggerak PKK Desa, UPT. Pendidikan, Bidan wilayah, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama.

Lokakarya mini eksternal merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi program kerja UPTD. Puskesmas Umbulsari dan UPTD. Puskesmas Paleran serta memaparkan tindak lanjut dari program untuk mencapai target pelayanan prima di masyarakat. Susunan acara tersebut terdiri dari pembukaan, sambutan, pemaparan cakupan layanan Kesehatan.

Semua peserta mengikuti senam germas terlebih dahulu sebelum pemaparan materi. Adapun pemaparan cakupan layanan Kesehatan dari Kepala UPTD. Puskesmas Umbulsari oleh dr. Nur Ahmad Santoso terdiri dari AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kematian Bayi), Stunting, STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ), Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), Hepatitis akut, IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Tujuan yang ingin dicapai adalah adanya komitmen dan kerjasama lintas sektor untuk mendukung pelaksanaan program Germas, pelaksanaan STBM 5 pilar, pelaksanaan IVA, penurunan angka stunting, pencegahan hepatitis akut dan penurunan AKI dan AKB. Adapun pemaparan dari Kepala UPTD Puskesmas Paleran oleh  dr. Rizki antara lain TOP DIMSI yaitu inovasi tentang pembinaan upaya pengembangan Kesehatan tradisional melalui penanaman obat tradisional untuk penderita Hipertensi dan Diabetes Melitus, pelayanan ANC terpadu, Inovasi Gempita (Gerakan Peduli Reproduksi pada Wanita), Bulan Imunisasi Anak Nasional tahun 2022, GP2SP ( Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif).

Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan tanda tangan komitmen ‘wes wayahe masyarakat Umbulsari sehat secara mandiri’ bertujuan adanya Kerjasama antar lintas sector dalam kegiatan-kegiatan yang telah di sepakati sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.


Dilihat sebanyak : 119 kaliBagikan ke Whatsapp