...

PANEN PERDANA VANILI ORGANIK


Diposting pada 26 September 2022, oleh DTPHP


Sabtu, 24 September 2022 pukul 07.30 WIB, suasana menarik terlihat di Kebun Vanili milik Ibu Siti Maryamah Dusun Delima Desa Kemiri. Pada kesempatan ini petugas penyuluh lapang dan POPT Kecamatan Panti melakukan panen perdana Vlvanili organik. Tidak ketinggalan, dilaksanakan pengamatan Organisme Pengganggu Tanaman, pengaplikasikan P organik, serta koordinasi rencana Pertemuan Kursus Tani Petani Vanili yang akan diadakan di Dusun Delima Desa Kemiri.

 

"Vanili ini merupakan salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi, apalagi vanili yang diusahakan Ibu Maryamah ini merupakan produk organik, sehingga tentu saja nilai ekonomisnya semakin tinggi. Nah hal ini kita harapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi petani lain untuk mau berbudidaya secara organik" kata Umi Widarti selaku penyuluh pertanian Desa Kemiri.

 

Ibu Maryamah selaku pemilik kebun mengungkapkan bahwa tadinya dia tidak percaya dan sempat ragu ketika akan membudidayakan vanili secara organik, "Vanili ini komoditas yang mahal, budidayanya juga tidak mudah, kemudian tantangan serangan penyakitnya juga lumayan, sehingga saya sempat ragu sebenarnya ketika Ibu Umi widarti selaku penyuluh menyarankan saya untuk berbudidaya secara organik, bagaimana nanti kalau tanaman saya produktivitasnya menurun, bagaimana nanti kalau ada serangan hama atau penyakit, itu tadinya saya bingung" ungkap Ibu Maryamah.

 

Namun dengan kesabaran dan ketelatenan dari penyuluh setempat, lambat laun Ibu Maryamah membuktikan sendiri bahwa budidaya Vanili secara organik bukan suatu hal yang mustahil dan bukan suatu hal yang sulit. "Di sini kami memang menyarankan untuk budidaya secara organik, kalau dari nutrisinya kami latih petani untuk mampu membuat pupuk organik yang dapat memenuhi kecukupan nutrisi tanaman baik itu kebutuhan unsur N, P, atau K, sementara kalau untuk menanggulangi serangan hama dan penyakit kita mengutamakan penggunaan pestisida nabati ataupun penggunaan agensi hayati" tambah Umi Widarti.

 

Ibu Maryamah mengungkapkan rasa syukurnya atas panen perdana Vanili organik kali ini. Dirinya bertambah yakin dan akan berkomitmen ke depan untuk terus mengembangkan pertanian secara organik bukan hanya pada tanaman Vanili tapi pada tanaman atau komoditas lainnya. Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan pendampingan yang dilakukan penyuluh serta POPT Kecamatan Panti selama ini. "Buat ibu Umi selaku PPL Terima kasih sudah sabar dan telaten membimbing saya, buat mbak Tri Kurnia selaku POPT, terima kasih juga sudah mengajarkan saya melakukan pengendalian hama dan penyakit tanaman yang ramah lingkungan murah dan aman bagi kesehatan" tambahnya.

Dengan berhasilnya panen perdana Vanili di kebun Ibu Maryamah ini akan menjadi pioneer bagi petani-petani lainnya untuk berbudidaya vanili secara organik yang ke depan akan diwujudkan dalam kursus ani petani Vanili di Desa Kemiri Kecamatan Panti.


Dilihat sebanyak : 96 kaliBagikan ke Whatsapp