...

PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN POS KESEHATAN PESANTREN (POSKESTREN) PONDOK PESANTREN AL FALAH SILO


Diposting pada 01 Juli 2022, oleh DINKES


Kamis, 30 Juni 2022

Pentingnya peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan, baik perorangan maupun terorganisasi, telah terbukti mempercepat keberhasilan pembangunan kesehatan, sehingga derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya dapat tercapai. Peran serta masyarakat salah satunya yaitu dengan membentuk dan mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di pondok pesantren yaitu dengan membentuk Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren).

Poskestren di lingkungan Pondok Pesantren bertujuan untuk mewujudkan Pondok Pesantren Sehat melalui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi seluruh masyarakat pondok. Dimana masyarakat pondok tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat bagi dirinya sendiri dan bagi lingkungannya, sehingga terwujud Pondok Pesantren Sehat.

Puskesmas Silo 2 di dampingi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember sebagai pembina teknis kegiatan pendampingan poskestren hadir dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Pesantren (MMP) di Pondok Pesantren Al Falah Silo. Dalam forum juga di hadiri oleh pengasuh Ponpes Al Falah KH. Muqid Arif, pengurus ponpes, ormas pendamping ponpes dan santri.

KH. Muqid menyampaikan ponpes al falah merupakan ponpes tradisional yang di gabungkan dengan pendidikan formal, selain belajar agama juga ada sekolah formal untuk para santrinya. Dalam kesempatan tersebut kyai juga menyampaikan permasalahan-permasalahan di pondok pesantren tradisional terutama perilaku/mind set santri tentang kesehatan, yang masih perlu bimbingan /diluruskan. Beliau mengapresiasi kegiatan pendampingan poskestren ini dan berharap kegiatan ini mengantarkan santri berperilaku hidup bersih sehat sehingga santri sehat lahir dan batin. Beliau berpesan kepada santri bahwa orang islam yang sehat lebih dicintai Allah SWT.

dr. Rita Wahyuningsih yang mewakili Dinas Kesehatan, menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk memandirikan masyarakat pesantren dalam mengenali permasalahan-permasalahan yang ada di ponpes dan juga memecahkan permasalahan yang ada. Puskesmas sebagai pembina teknis mengawal dan melakukan pendampingan, mulai dari pembentukan struktur organisasi poskestren, melatih santri husada sampai dengan mendampingi Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Pesantren (MMP) sampai mereka mampu untuk melaksanakan sendiri. Harapannya ponpes al falah menjadi ponpes percontohan di Kecamatan Silo yang menjadi pondok pesantren sehat, dengan mengoptimalkan sumberdaya yang ada serta sinergi, kolaborasi dengan puskesmas, ormas dan juga pendampingan dari Kabupaten.

 

Pergi ke Silo dengan semangat

Cari minuman wedang jahe hangat

Yuk para santri berperilaku hidup bersih dan sehat

Supaya selamat dunia akhirat

 


Dilihat sebanyak : 60 kaliBagikan ke Whatsapp