...

PENDAMPINGAN OLEH DOKTER SPESIALIS OBGYIN PADA TENAGA BIDAN DI PUSKESMAS PANTI


Diposting pada 23 Juni 2022, oleh DINKES


J-GEMAR JELITA 

Kepedulian dokter spesialis Obgyin dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi  dengan melalui kunjungan ke puskesmas. Di Kabupaten Jember ada 16 tenaga Spesialis Obgyin yang  terbagi membina 50 puskesmas yang ada di kabupaten Jember.

Pada hari sabtu, 12 Juni 2022 dilaksanakan pendampingan oleh dr. Noviliana, SOPG, M.Ked. klin di  Puskesmas Panti. Pada kesempatan kali ini dr. Novi memberikan  materi terkait penyebab terbanyak kematian ibu di kabupaten Jember yaitu tentang Pre Eklamsia. Seorang ibu hamil didiagnosa preeklamsia apabila Peningkatan tekanan darah >140/90 yang terdiagnosis pertama kali saat umur kehamilan >20 minggu disertai proteinuria >300mg/24 jam atau > +1 dipstik.

Bila ditemukan satu atau lebih gejala sebagai berikutdi bawah ini maka didiagnosa preeklamsia berat yaitu :

Tekanan darah >160/110 mmHg

Kenaikan kadar kreatinin plasma (SK >1.1mg/dl)

Terdapat keluhan subyektif (tanda impending eklampsia) : nyeri kepala, mual, muntah, pandangan kabur, nyeri ulu hati

Edema paru 

HELLP (Hemolisis, Elevated Liver Enzym, Low platelet) sindrom

Pertumbuhan janin intrauterine yang terhambat (IUGR)

 

Oleh karena itu kepedulian dari semua baik dari ibu hamil maupun keluarga terkait kondisi kehamilan sangat penting sehingga tenaga kesehatan juga bisa segera melakukan penanganan terhadap kondisi tersebut dan segera bisa diatasi sehingga ibu sehat dan aman sampai melahirkan.

 

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh tenaga kesehatan puskesmas panti tetapi juga jejaring yang ada di wilayah puskesmas Panti, sehingga  terbentuk ikatan dan koordinasi yang baik antara puskesmas dengan PBM ataupun klinik demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

 

Mencari ikan di pinggir sungai

Sungai nya deras ikan tak dapat

Sesuai SOP dalam menangani

Bayi lahir  sehat dan selamat 


Dilihat sebanyak : 89 kaliBagikan ke Whatsapp