...

PENTINGNYA BIBIT UNGGUL SEBAGAI FAKTOR UTAMA MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI PERKEBUNAN.


Diposting pada 05 Juli 2022, oleh PDP


Perumda Perkebunan Kahyangan Jember saat ini telah melakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan hasil  produksi. Sebagaimana kita tahu bahwa di  Perumda Perkebunan Kahyangan Jember ada komoditi utama yakni karet, selain kopi dan cengkeh.

Direktur Utama Sofyan Sauri S.M menjelaskan; Pentingnya bibit unggul Karet Sebagai penunjang utama di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember oleh karena itu kami berupaya bagaimana bisa menyiapkan bibit unggul , kami selalu melakukan monitoring di kebun-kebun mulai proses pembuatan dan perawatannya hingga nanti sampai tiba masa tanam, bahkan kami melakukan kerjasama dengan Unit Riset Bogor - Getas Balai pusat penelitian Karet dalam hal pengadaan bibit karet ROOT TRAINER.

"Oleh karena pentingnya bibit unggul maka perlu keseriusan dalam penanganan bibit, mulai dari pemilihan cloon dan entrys yang dapat beradaptasi dan cocok ditanam di areal Perumda Perkebunan Kahyangan. Keterlibatan semua pihak yang berkopenten dalam hal pembibitan sangat diperlukan untuk bisa memperoleh bibit unggul baik itu karet, kopi ataupun cengkeh atau bibit - bibit lainnya yang berpotensi baik untuk di tanam di Perumda perkebunan Kahyangan ini” Imbuhnya.

"Salah satunya di Kebun Sumberwadung kecamatan Silo  melakukan kegiatan pemeliharaan bibit karet secara intensif serta penyiapan  bibit untuk  entres.  Bibit entres harus yang sudah  teruji kualitas dan  jenis cloonnya. Pemeliharaan dan perawatan bibit Karet ini dimaksudkan supaya memperoleh bibit unggul yang berkualitas baik dan mampu berproduksi tinggi" tutup Direktur Utama Perumda Perkebunan Kahyangan tersebut.


Dilihat sebanyak : 90 kaliBagikan ke Whatsapp