...

POS PELAYANAN KESEHATAN SIAP MENGAWAL PORPROV


Diposting pada 24 Juni 2022, oleh DINKES


J-PERKES  (Jember Pertolongan Kesehatan)

Kabupaten Jember ditetapkan sebagai salah satu tuan rumah kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur ke VII dan berlangsung kegiatan lomba cabang olahraga yang berpotensi mengakibatkan korban kesakitan, kecacatan bahkan meninggal akibat pertandingan, kecelakaan lalu lintas, bencana/ keracunan massal , konflik sosial dan sangat memungkinkan timbulnya lonjakan kasus dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang tak terkendali. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) serta penanganan kegawat daruratan medik yang ditujukan untuk membantu pasien mengatasi keadaan kegawatan (pernafasan, peredaran darah maupun kesadaran) dengan tujuan menekan angka kematian dan menekan angka kecacatan dari kasus yang ditangani.

Pertolongan pertama pada kecelakaan (first aid) merupakan upaya yang dilakukan sebelum dibawa ke fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan professional. Pertolongan pertama bukan merupakan tindakan pengobatan akan tetapi merupakan upaya sementara untuk menyelamatkan korban. Pada dasarnya prinsip pelayanan pasien gawat darurat adalah Time saving is life saving. Pengetahuan penanganan kodisi kegawatdaruratan memegang peran penting dalam menentukan keberhasilan pemberian pertolongan. Kesalahan dalam prosedur dan sikap penolong dapat mengakibatkan kecacatan atau kejadian yang tidak diinginkan.

Tim kesehatan selalu hadir di giat PORPROV di setiap Venue yaitu:

1.      Jember Sport Garden (JSG)

2.      GOR PKPSO

3.      Balai SErba Guna

4.      GOR Garuda

5.      Kebon Agung

6.      Indoraya

7.      GOR Argopura

8.      GOR Kaliwates

9.      SMP7 Jember

10.  Gedung Juang 45 Poltek

11.  Batalyon Infanteri 509 Kostrad

12.  Resi Gudang Disperindag

13.  Bandara Noto Hadinegoro

14.  Aula PTPN XII

15.  Stadion Notohadinegoro

16.  Rembangan jember  

 

Masyarakat bisa langsung mengakses layanan tersebut dan tidak usah bingung mencari lokasi karena di tiap titik tersebut dipasang bener bertuliskan “POS PELAYANAN KESEHATAN PORPROV JATIM  VII”

 

Pada beberapa cabang olah raga ada atlit yang mengalami cidera antara lain pada atlit Muh. Hisyam Alwandi, 20 th Cabor sepak bola  kabupstrn  Pasuruan, akibat Pasien tadi terjatuh saat akan memegang bola, dengan mekanisme terbentur dengan kaki pemain lawan jatuhnya kepala terlebih dahulu baru leher-bahu dan badan. Pasien ngorok tidak sadar.  Penanganan awal dipasang cervical collar, oksigenasi dan terapi relaksasi. Untuk pemeriksaan awal ada tanda tanda cidera kepala leher. Di putuskan observasi dulu di RS. Alhamulilah kondisi pasien stabil, keluhan tidak ada,   demikian juga pada cabang olah raga basket putri ada atlit yang mengalami cidera ringan. Asal petugas P3K : RSU Rolas Medika Nusantara Kaliwates dengan jumlah petugas  P3K : Dokter (1), perawat (4), petugas lain (4), driver (1)

Terlaksananya pelayanan kesehatan yang bermutu, cepat dan aman dalam penanganan kejadian gangguan kesehatan dan kegawatdaruratan bagi peserta lomba, panitia dan masyarakat sekitarnya merupakan tanggung jawab insan Kesehatan dimana Dinas Kesehatan harus hadir dan berperan penting, untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dengan Inovasi Pelayanan J-PERKES (Jember Pertolongan Kesehatan) akan dapat memenuhi kebutuhan pelayanan Pertolongan Kesehatan setiap kegiatan, Even-even Lokal,Nasional, Internasional dan Perayaan hari besar keagamaan yang berpotensi terjadinya gangguan Kesehatan.

 

Dari Bali lanjut jalan ke papua

Naik pesawat penerbangan yang pertama

Kita semua dukung pelaksanaan olahraga

Dengan Selalu sigap dengan J-Perkesnya


Dilihat sebanyak : 28 kaliBagikan ke Whatsapp