...

RAKOR PENATAAN GURU DIKDAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PROGRAM KEMITRAAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI BAGI GURU SMP


Diposting pada 24 Juni 2022, oleh DINKES


 

Pada hari ini tanggal 22 Juni 2022 di Jakarta Dinas Kesehatan Kabupaten Jember mengikuti  rakor penataan guru Dikdas dalam implementasi kurikulum MERDEKA melalui program kemitraan pendidikan kesehatan reproduksi (kespro ) bagi guru SMP di Jakarta selama 3 hari. Direktur Guru Pendidikan Dasar bapak Dr. Drs. Rachmadi Widiharto, MA. membuka acara tersebut bersama dengan direktorat gizi dan KIA Kesehatan Masyarakat dan perwakilan dari UNFPA. Kegiatan ini diikuti oleh 10 provinsi dan 30 kabupaten, Kabupaten Jember termasuk didalam kegitan ini.

Kegiatan ini membahas tentang pendidikan kespro yang akan di masukkan kurikulum sekolah, karena pendidikan kespro di anggap tabu oleh masyarakat tetapi kenyataannya permasalahan kespro di masyarakat sangat tinggi. Salah satu contoh permasalah kespro di Kabupaten Jember adalah pernikahan usia dini, kehamilan diluar nikah,kehamilan pada usia remaja yang beresiko kematian,kekerasan pada remaja dan perempuan dan perilaku seksual beresiko.

Permasalah kespro bisa diatasi dengan Pendidikan Ketrampilan Hidup Sehat (PKHS ) yaitu suatu pendekatan dalam kemampuan psikososial untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah dalam kehidupan sehari hari. 10 komponen PKHS :

1.      Kesadaran diri

2.      Empati

3.      Hubungan interpersonal

4.      Komunikasi efektif

5.      Berpikir kritis

6.      Berpikir kreatif

7.      Pengendalian emosi

8.      Pemecahan masalah

9.      Mengatasi stress

10.  Pengambilan keputusan

Dengan kegitaan rakor ini diharapkan adanya kebijakan, komitmen dan dukungan terhadap program kemitraan pendidikan kespro bagi dinas pendidikan dan dinas kesehatan

 

Pergi ke Jakarta naik pesawat

bawa bekal  kare ketupat

Ayo jadikan generasi hebat

Dengan ilmu yang bermanfaat


Dilihat sebanyak : 17 kaliBagikan ke Whatsapp