...

RAPAT DIREKSI PERUMDA PERKEBUNAN KAHYANGAN JEMBER DAN PANITIA B DI KANTOR WILAYAH BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI JAWA TIMUR


Diposting pada 27 Juli 2022, oleh PDP


Direksi Perumda Perkebunan Kahyangan Jember menghadiri undangan rapat panitia B di kantor Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur pada hari Rabu, 20 Juli 2022. Maksud dan tujuan rapat Panitia B Kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur ini adalah salah satu bagian proses dalam menindaklanjuti permohonan perpanjangan Hak Guna Usaha ( HGU ) Perumda Perkebunan Kahyangan Jember dengan mengacu pada UU No. 5 Tahun 1960 tentang pokok-pokok Agraria, Hak Guna Usaha merupakan hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai oleh negara, dalam jangka waktu tertentu. Jenis tanah negara yang dapat diberikan HGU adalah tanah yang termasuk dalam kategori hutan produksi yang selanjutnya statusnya dialihkan menjadi Hak Guna Usaha perkebunan, pertanian atau peternakan. Walaupun Hak Guna Usaha memiliki jangka waktu yang terbatas, yakni jangka 25 tahun,  tetapi HGU dapat dianggap sebagai hak yang kuat sehingga pemegang HGU dapat mempertahankan hak atas tanahnya dari gangguan pihak-pihak lain.

“Undangan ke Kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional Propinsi Jawa Timur juga melibatkan beberapa Kades dan Camat antaranya Kades Pace dan Camat Silo, Kades Suci  dan Camat Panti, Kades Manggisan  dan Camat Tanggul kemudian  Kades Gelang dan Kades Kaliglagah serta Camat Sumberbaru juga turut menghadiri undangan Kantor wilayah pertanahan Nasional Propinsi Jawa Timur, karena tanah HGU yang di kelola Perumda Perkebunan Kahyangan Jember ini memang berada di wilayah – wilayah pak Kades dan Pak Camat tersebut” Menurut Direktur Utama Perumda Perkebunan Kahyangan Sofyan Sauri, S.M. saat dikonfirmasi.

Beliau Juga menyampaikan “Ada juga dari dinas terkait dalam pengurusan permohonan perpanjangan HGU yang menghadiri rapat panitia B ini diantaranya, Perwakilan TPHP Jember, Tim BPN  Jember, Disbun Provinsi Jawa Timur, Tata Ruang Provinsi BPKH Jogja Dan dari kanwil sendiri, yang juga membantu dalam proses pengurusan permohonan perpanjangan Hak Guna Usaha Perumda Perkebunan Kahyangan Jember.

Sofyan Sauri, S.M. selaku Direktur Utama Perumda Perkebunan Kahyangan Jember di akhir rapat juga menambahkan “Bahwa dengan cukup banyaknya  tahapan-tahapan yang harus dilakukan maka perlu keterlibatan semua pihak khususnya Pemerintahan Desa serta Kecamatan yang mempunyai kontribusi di wilayah kebun Perumda Perkebunan Kahyangan Jember ini untuk kesediaannya membantu Direksi  Perumda Perkebunan kahyangan Jember dalam kepengurusan permohonan perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) tersebut, baik dalam bentuk administrasi ataupun koordinasi dengan dinas-dinas terkait demi lancarnya proses permohonan  perpanjangan  Hak Guna Usaha ( HGU ) tersebut” tutupnya.

Perwakilan Panitia B Kantor wilayah pertanahan Nasional Propinsi Jawa Timur juga  menegaskan, bahwa kami akan segera menindak lanjuti permohonan perpanjangan Hak Guna Usaha ( HGU ) tersebut, dan pihak Perumda  Perkebunan Kahyangan Jember agar segera melengkapi serta menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan misal ketersediaannya patok tapal batas dan lain sebagainya agar proses perpanjangan HGU Perumda Perkebunan Kahyangan Jember dapat segera direalisasikan.


Dilihat sebanyak : 281 kaliBagikan ke Whatsapp