...

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT SESUAI STANDART AKREDITASI


Diposting pada 13 Agustus 2022, oleh RSD. Dr. Soebandi


Dalam rangka persiapan akreditasi RSD dr. Soebandi, Pokja Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit (SKPRS) menyelenggarakan sosialisasi bagi seluruh pemberi layanan asuhan pasien, di unit rawat inap kelas 1 sampai 3, instalasi rawat jalan, peristi, intensif, IGD, IBS, maupun instalasi penunjang yang terkait langsung, meliputi tenaga dokter, perawat, bidan, apoteker dan asisten apoteker farmasis, analis, radiografer, fisioteraphis, pada tanggal  08 Agustus s.d 25 Agustus 2022, bertempat di ruangan kerja masing masing bagian/instalasi di RSD Soebandi Jember.

Keselamatan Pasien merupakan prioritas utama untuk dilaksanakan dan hal tersebut terkait dengan isu mutu dan citra perumah-sakitan. Begitu juga di RSD dr. Soebandi, Rumah sakit merupakan lembaga yang kompleks yang memiliki tugas utama memberikan pelayanan kesehatan. Rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan selalu dituntut untuk berkualitas dan dilakukan oleh staf profesional dan dedikatif. Dirumah sakit terdapat ratusan macam obat, ratusan tes dan prosedur, banyak alat dengan teknologinya, bermacam jenis tenaga profesi dan non profesi yang siap memberikan pelayanan pasien 24 jam terus menerus. Keberagaman dan kerutinan pelayanan tersebut apabila tidak dikelola dengan baik dapat terjadi KTD. Mengingat keselamatan pasien sudah menjadi tuntutan masyarakat maka pelaksanaan program keselamatan pasien rumah sakit perlu dilakukan. Karena itu, diperlukan acuan yang jelas untuk melaksanakan keselamatan pasien tersebut yang perlu disosialisasikan kepada para pelaksana.

Sasaran keselamatan pasien (SKP) merupakan syarat yang harus diterapkan di semua rumah sakit yang diakreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Semua petugas pemberi layanan asuhan pasien baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan pasien wajib memahami dan melaksanakannya dengan benar semua panduan/ SPO sasaran keselamatan pasien di RSD dr Soebandi Jember. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan mutu dan keselamatan pasien, sehingga terjadi penurunan Insiden Keselamatan Pasien dan meningkatnya mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Dalam sosialisasi ini disampaikan berbagai materi yang bertujuan untuk menghindari Kesalahan Identifikasi Pasien, meningkatkan Komunikasi Efektif, menghindari Kesalahan Tindakan Medis, menghindari Kesalahan Dalam Pemberian Obat, menghindari Kesalahan Pemberian Tranfusi Darah, menghindari Kesalahan Pasien, Lokasi Dan Prosedur Operasi, mencegah Penularan Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan, mencegah  Risiko Pasien Jatuh, terdokumentasikannya Insiden Keselamatan Pasien dan adanya keseragaman persepsi masing masing petugas di setiap ruangan/bagian/unit kerja di RSD Soebandi Jember terhadap enam Sasaran keselamatan pasien.


Dilihat sebanyak : 101 kaliBagikan ke Whatsapp