...

SOSIALISASI KERJASAMA LAYANAN TBC DI RSU SRIKANDI JEMBER


Diposting pada 22 Juni 2022, oleh DINKES


Demi meningkatkan capaian penemuan terduga TB dan pengobatan kasus TBC sesuai standar di Kab. Jember maka tim PPM TB berkolaborasi dengan Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kab. Jember mengunjungi RSU Srikandi pada tanggal 17 Juni 2022. Acara sosialisasi dibuka langsung oleh Bapak Galuh selaku staf Bidang Yankes dan dilanjutkan materi sosialisasi kerjasama layanan TBC oleh Bapak Darmawan selaku Wasor TBC. Paparan materi disampaikan langsung kepada pihak RSU Srikandi yang dihadiri oleh Kabid Umum (Ns. Theo), Kabid Pelayanan Medik (dr. Maya), dan beberapa staf lab, farmasi, serta perawat.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yakni terwujudnya komitmen dari pihak RSU Srikandi untuk melaksanakan layanan TBC dengan opsi penemuan terduga sampai dengan pengobatan pasien TB dan dibuatkan SK Tim TB DOTS dari Direktur RSU Srikandi. Diharapkan hasil kerjasama layanan TB ini dapat meningkatkan capaian penemuan kasus TBC di Kab. Jember terutama dari penemuan terduga TB yang ada di RSU Srikandi.

Hasil penilaian oleh Bidang Yankes untuk kesiapan layanan TBC di RSU Srikandi sebagai berikut:

·         Tenaga kesehatan yang dimiliki RSU Srikandi sudah mampu untuk melakukan layanan TBC sampai pengobatan pasien TBC. Minimal tenaga tim TB DOTS adalah dokter, perawat, dan petugas lab.

·         RSU Srikandi wajib membuatkan bilik dahak di wilayah RSU Srikandi sesuai PPI.

·         Kunjungan terbanyak dari ibu hamil yang juga dapat dilakukan skrining TBC terutama saat ANC.

·         Potensi penemuan kasus TBC di RSU Srikandi sangat tinggi berdasarkan data kunjungan total rawat jalan sebanyak 600 per bulan.

·         Pemeriksaan dahak terduga TB sudah tidak menggunakan mikroskopis berdasarkan SE Dirjen P2P No. 936/2021 sehingga wajib merujuk pemeriksaan TCM untuk sputum suspect TBC.

Tindak lanjut dari RSU Srikandi dan Dinas Kesehatan Kab. Jember setelah acara ini antara lain:

·         Penandatanganan PKS layanan TBC oleh Direktur RSU Srikandi sekaligus terbitnya SK Direktur RS tentang Tim Tb DOTS.

·         Dinas Kesehatan memfasilitasi pelatihan program TBC, pelatihan SITB untuk pencatatan dan pelaporan, akses rujukan TCM, dan akses formular TB yang dibutuhkan.

·         Adanya dukungan internal RS untuk layanan TBC dibuktikan dengan SOP dan alur pelayanan TBC mulai dari skrining TB, rujuk sputum, pemeriksaan dahak, pengobatan kasus, dan lainnya.

Pada akhir kegiatan dilanjutkan observasi sarana prasarana RSU Srikandi terutama penempatan bilik dahak oleh tim PPM TB.


Dilihat sebanyak : 24 kaliBagikan ke Whatsapp