...

SOSIALISASI PENDAMPINGAN BUMIL KEK/ RISTI DALAM UPAYA PENURUNAN AKI AKB DAN CEGAH STUNTING


Diposting pada 19 Mei 2022, oleh DINKES


 

J-GEMAR JELITA

Berbagai upaya dilakukan dalam percepatan penurunan AKI, AKB dan Stunting  salah satunya adalah giat pendampingan ibu hamil KEK (kekurangan Energi Kronis) /Risti (resiko tinggi) oleh kader.

Agar giat pendampingan  dapat berjalan dengan baik dan ibu hamil KEK/Risti yang didampingi dilaksanakan giat Sosialisasi Pendampingan Ibu Hamil KEK/Risti di aula PB Sudirman secara Luring pada  hari Rabu, tanggal 18 Mei 202.

Pertemuan dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. LILIK Lailiyah, M.Kes yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa giat pendampingan ini point penting adalah kepedulian …tanpa kepedulian maka program ini tidak akan berjalan dengan baik, ibu hamil sudah rutin ditimbang, tidak lanjut dari hasil penimbangan ini yang penting  berat badab naik tidak selalu baik berapa besar kenaikannnya  sekali point pentingnya adalah kepedulian…

Program ini merupahkan program prioritas Jawa Timur melalui anggaran Bantuan Keuangan dengan Program BUAIAN : Bunda Anak Impian.

Sejalan dengan program tersebut  di kabupaten Jember juga mengemas dalam Program J-Gemar Jelita (Gerakan Masyarakat Jember Peduli Kesehatan Ibu dan Anak).

Masyarakat terutama ibu hamil perlu mendapatkan informasi tentang deteksi dini resiko tinggi dan pengenalan tanda bahaya pada kehamilan, persalinan dan masa nifas.

Selain itu ibu hamil memerlukan persiapan yang matang untuk menghadapi proses kelahiran, baik berupa materi, kesiapan fisik dan mentalnya supaya bisa menentukan tempat kelahiran dan mengambil keputusan tindakan pertolongan yang tepat.

Untuk mempersiapkan kondisi ibu hamil, keluarga dan lingkungannya supaya bisa melahirkan dengan selamat dan sehat, maka diperlukan sosok seorang yang paling dekat dengan masyarakat yang mengerti dan memahami budaya sosial masyarakat sehingga bisa memberikan informasi, bimbingan dan suport kepada ibu hamil dan keluarganya.

Sosok yang kita pilih adalah kader Posyandu dengan menyebutnya sebagai Kader Pendamping Ibu Hamil.

Namun anggaran giat ini tidak banyak  hanya untuk 100 ibu hamil Risti dan 100 sasaran untuk ibu hamil KEK oleh karena itu melalui kegiatan lainnya kita juga bias memberikan Edukasi yaitu melalui kunjungan rumah kerumah (konseling dari pintu ke pintu/KOPIPU) bias melalui giat Kunjungan rumah untuk Keluarga Sehat.

Adapun Tujuan kegiatan pendampingan ibu hamil risiko tinggi oleh kader adalah:

1.       agar ibu hamil dapat melahirkan dengan selamat  

2.      Agar bayi yang terlahir juga sehat dan selamat di fasilitas kesehatan yang tersedia.

 

 

Makan pagi dengan kuah kaldu

Ditemani dengan  minum kopi

Semangat kader Posyandu

Mendampingi ibu Hamil  KEK dan Risti

 

Semoga Masyarakat Jember Selalu sehat …


Dilihat sebanyak : 96 kaliBagikan ke Whatsapp