...

TEMU USAHA PENYULUH PERTANIAN BERSAMA KOMUNITAS PETANI VANILI JEMBER DI DESA KEMIRI KECAMATAN PANTI


Diposting pada 06 Oktober 2022, oleh DTPHP


Rabu, 5 Oktober 2022 bertempat di rumah anggota Kelompok Tani ( Petani Vanili ) Desa Kemiri telah diadakan kegiatan Sarasehan/Temu Usaha Vanili bersama Komunitas Petani Vanili Jember. Kegiatan kali ini bertujuan untuk menjalin Silahturami diantara petani yang ada di Jember, juga dilakukan untuk bertukar ilmu dan pengalaman yang bisa dijadikan tambahan pengetahuan bagi petani. Acara kali ini dihadiri oleh petani vanili yang ada di Jember, pelaku utama, pelaku usaha, PPL, POPT Kec. Panti dan Kec. Sukorambi. Pada kesempatan ini PPL Desa Kemiri Ibu Umi W sedikit mengulas cara Budidaya Vanili, mulai persiapan lahan, penanaman pohon pelindung, persiapan bibit, penanaman, pemeliharaan sampai dengan panen dan pasca panen. POPT Kecamatan Panti Ibu Tri K Pamungkas juga menyampaikan materi tentang Agens Pengendali Hayati untuk tanaman vanili. Dimana materi yang disampaikan oleh Ibu Tri adalah bagaimana mengendalikan Hama dan Penyakit yang di pertanaman vanili dengan menggunakan Agens Hayati seperti PGPR, Pupuk Organi Cair (POC), Booster tanaman, Beauveria bassiana, Pseudomonas fluorescens, Trichoderma sp dsb yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan kekayaan Sumber Daya Alam yang ada disekitar.

Diakhir acara diadakan diskusi oleh petani yang dipandu oleh PPL, dan juga melihat bagaimana proses pembuatan Agens Hayati.

Semoga apa yang dilakukan oleh Petugas dan petani dapat sedikit memberikan manfaat untuk seluruh kalangan terutama petani vanili dan kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan untuk kemajuan para petani vanili jember. Sehingga tanaman vanili bisa menjadi salah satu komoditas unggulan di kabupaten jember dan tentunya bisa memberikan kesejahteraan bagi petani.


Dilihat sebanyak : 178 kaliBagikan ke Whatsapp