...

WAJIB DIKETAHUI REMAJA PUTRI


Diposting pada 05 Juli 2022, oleh DINKES


J-GEMAR JELITA

Remaja  merupakan periode yang penting pada pertumbuhan dan kematangan manusia. Pada periode ini banyak terjadi perubahan unik, serta banyak pula pemantapan pola pola dewasa. Remaja Putri  adalah individi yang memiliki rentang usia 12-21 tahun yang memiliki minat pribadi terhadap Penampilan diri. Mereka mulai ingin bebas untuk menentukan kemauan dirinya sendiri.  Sehingga keinginan untuk tampil cantik ini mencebak mereka untuk melakukan diet ketat agar tampak langsing dan bisa berakibat kekurangan zat gizi lainnya seperti anemia gizi, Kekurangan Energi kronis dan lain lain. Padahal mereka akan menjadi seorang ibu yang harus sehat saat hamil.

Kesehatan seseorang akan tercermin juga dari kebiasaan  hidup sebelumnya, oleh karena remaja putri  beresiko anemia dimana takdir seorang remaja putri adalah menstruasi setiap bulan.Oleh karena itu untuk mencegah anemia gizi diluncurkan program “Pemberian Tablet Tambah Darah Pada Remaja Putri / TTD Rematri” seorang remaja putri akan mendapatkan tablet tambah darah 1 tablet setiap minggu atau +52 tablet selama satu tahun. Tablet tambah darah ini berfungsi untuk menganti sel darah merah yang hilang sehingga remaja putri tetap bugar terhindar dari 5L (lemah. Letih. Lesu. Lunglai  dan Lalai).

Oleh karena itu tenaga gizi dan promosi kesehatan di puskesmas bersinergi untuk mempromosikan program tersebut, sehingga remaja putri mau dan rutin mengkonsumsi tablet tambah darah. Dengan tablet tambah darah maka terbebas dari anemia dan mudah menerima pelajaran. Puskesmas Jelbuk menyampaikan  program ini melalui giat sosialisasi di pondok pesantren sehat  melalui Penyuluhan kesehatan terkait Germas dan pembinaan poskestren di Ponpes Mohfilud Duror Sugerkidul Kec, sedangkan Puskesmas Silo mensosialisasikan program tersebut dalam kegiatan dengan NGO Rutgers (Ruang Tamu Generasi Sehat Indonesia) yaitu program  ramah remaja dan di senergikan dengan program Poskestren dan Pencegahan Stunting.

Semangat terus untuk turunkan AKI AKB di Kabupaten Jember.

 

Ijin parikan dulu ya ***

Mripate damar kanginan

Enggal tangio ojo kerinan

 Kembang jambu jenenge karuk

Uwong ayu ojo kemaruk


Dilihat sebanyak : 69 kaliBagikan ke Whatsapp