...

“SPIRIT OF PAPUA” TEMA TIM DRUMBAND JEMBER DALAM PORPROV VII


Diposting pada 24 Juni 2022, oleh DINKES


 

PORPROV VII 2022

Pada kegiatan PORPROV  VII ini,  Jember semangat untuk meraih Juara , untuk itu semua organisasi Perangkat Daerah dilibatkan, Tidak hanya bergerak dalam tupoksi kedinas tetapi Dinas kesehatan juga mendampingi Tim Drumband Jember untuk berjuang meraih prestasi, kegiatan pendampingan sudah dilakukan mulai tanggal 21 Juni 2022.

Dalam melakukan pendampingan Drumband Dinas kesehatan selalu mengontrol ke lokasi dan cek kesehatan peserta drumband serta memberikan tambahan asupan Nutrisi agar anak anak kesehatan terjaga.

Drumband Jember ini selalu  semangat berlatih di bawah pimpinan bapak  Tri Basuki, dimana latihan dilakukan secara rutin di GOR Kaliwates. Dalam penampilan kali ini tim drumband Jember mengusung tema “SPIRIT OF PAPUA”  / Semangat papua dengan menyanyikan lagu lagu papua antara lain Apuse, Sajojo, Yamko Rambe Yamko, Wesupe dan Padaidori. Tarian yang ranjak membuat penonton memberikan tepuk tangan yang meriah, Era sekarang drumband tidak hanya menyajikan sebuah music tetapi juga berupa fragmen atau alur cerita yang cukup menarik.  Budaya Papua Seni Kebudayaan Tradisional Daerah Papua Indonesia banyak kebudayaan yang unik dan menarik. Oleh karena itu pada kesempatan ini  salah satu alat yang digunakan adalah alat music tradissional Tifa.

 Alat musik Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah maluku serta papua. Bentuknya alat musik Tifa mirip gendang dan cara memainkannya Tifa adalah dengan cara dipukul. Alat musik Tifa terbuat dari bahan sebatang kayu yang isinya sudah dikosongkan serta pada salah satu ujungnya ditutup dengan menggunakan kulit hewan rusa yang terlebih dulu dikeringkan. Hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Alat musik ini sering di mainkan sebagai istrumen musik tradisional dan sering juga dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian perang, Tarian tradisional asmat,dan Tarian gatsi. 

Tarian Tradisional Daerah Papua Terdapat berbagai macam tari-tarian dan mereka biasa menyebutnya dengan Yosim Pancar (YOSPAN). Di dalam tarian ini terdapat aneka bentuk gerak tarian seperti tari Gale-gale, tari Pacul Tiga, tari Seka, Tari Sajojo, tari Balada serta tari Cendrawasih. Tarian tradisional Papua ini sering di mainkan dalam berbagai kesempatan seperti untuk penyambutan tamu terhormat, penyambutan para turis asing yang datang ke Papua serta dimainkan adalah dalam upacara adat. Yang pada kesempatan ini juga di tarikan oleh tim Drumband Jember. Bahkan ketika Kapten Drumband Memberikan Hormat dengan Gerakan yang aktraktrip dan menarik langsung mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari seluruh penonton.

Pakaian Adat Tradisional Papua Pakaian adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama bentuknya. Pakaian adat tersebut memakai hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki. Dan tim drumband Jember memnyajikan kostum yang menarik serta dalam satu aksi langsung bisa berganti kostum dan juga berubah menjadi kupu kupu yang cantik…

Satu Kata Luar Biasa….

Tim Dinas kesehatan hadir untuk mendukung tim  Drumband Jember yang Alhamdulillah bisa masuk Final baik dalam kriteria Lomba Untuk Gelar dan lomba baris berbaris dari 13 tim dari 13 Kabupaten Kota di Jawa Timur yang ikut berpartisipasi.

 

 

Gadis cantik bermain kecapi

Suara merdu menarik hati

Ayo kita wujudkan sebuah mimpi

Menjadi yang terbaik dalam porseni


Dilihat sebanyak : 28 kaliBagikan ke Whatsapp